Wednesday, February 13, 2008

Stikosa-AWS Luncurkan Dua Website Sekaligus

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan informasi yang akurat dan mudah diakses pun semakin diperlukan. Menyadari akan hal itu, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS), sebagai sekolah jurnalis tertua di Indonesia Timur, meluncurkan website www.stikosa-aws.ac.id dan www.actasurya.com pada tanggal 19 Februari 2008 pukul 12.00 WIB, bertempat di Multifunction Hall IT Plaza BG Junction L2 Jl. Bubutan 1-7 Surabaya.

Acara peluncuran website ini akan menghadirkan pembicara H. Soenarjo (Wakil Gubernur Jawa Timur), Arif Affandi (Wakil Walikota Surabaya), Zainal Arifin Emka (Ketua Stikosa-AWS), dan Iman D. Nugroho (The Jakarta Post).

Untuk kedua website ini dikelola oleh Acta Media Komunika, yang merupakan lembaga pemberdayaan kreatifitas mahasiswa Stikosa-AWS dalam bidang komunikasi. Lembaga ini terbagi atas empat departemen, yaitu publishing, audio visual, penelitian dan pengembangan, serta creative communication.

Departemen publishing bergerak di bidang penerbitan, baik cetak maupun online. Departemen audio visual bertugas memberi rekomendasi pada unit-unit audio visual di kampus, departemen penelitian dan pengembangan bertugas untuk mengadakan forum-forum dalam bidang komunikasi, pelatihan, dan sebagainya. Sedangkan departemen creative communication bergerak dalam bidang event organizer, advertising, in house production, dan sebagainya.

www.stikosa-aws.ac.id sendiri merupakan sebuah website milik Stikosa-AWS. Berisi profil Stikosa-AWS, kegiatan mahasiswa, profil alumni, dan kabar terbaru dari dunia komunikasi.

Sedangkan www.actasurya.com merupakan sebuah weekly e-magazine, yang masih berada di bawah tanggung jawab Ketua Stikosa-AWS, Zaenal Arifin Emka. “Untuk membiasakan mahasiswa menggunakan bermacam-macam media. Bukan hanya cetak, radio, dan televisi, tapi juga dunia maya “, ujar Zaenal mengenai peluncuran e-magazine ini.

Dengan menggunakan tagline “Stunning East Java”, e-magazine ini mengupas segala sesuatu hal yang menarik di sekitar bumi Jawa Timur. Bermarkas di Jl. Nginden Intan Timur I/18 Surabaya, yang terbagi dalam rubrik: Special Report, News and Agenda, Photographs, Contemplation.

Dari keempat rubrik itulah yang nantinya menjadi kekuatan bagi website ini. Tentunya dengan membawa filosofi rubrikasi sebagai berikut:

Special Report, adalah Features yang diangkat dari isu wisata, sosial budaya, seni (termasuk pop art performance), kuliner, gaya hidup, dan seterusnya.

News and Agenda, adalah Berita straight yang berisi info event yang baru saja terjadi, dan info event yang akan terjadi. Diutamakan untuk isu seni budaya, forum ilmiah (baik ekonomi bisnis, sosial budaya, wisata, dll).

Photographs adalah Photo story, temanya hampir sama dengan di special report. Hanya saja, rubrik atau channel ini dominan di gambar.

Contemplation adalah Artikel opini yang disajikan dengan gaya ringan, tema bebas.

Nb:
Untuk informasi lebih lanjut mengenai segala hal yang bersangkutan dengan kegiatan peluncuran kedua website tersebut di atas, silahkan hubungi :

Hendri (Ketua Pelaksana ): 081330461084 / 77380553
Silvi (Humas Acta Media Komunika selaku event organizer): 085692027147

No comments: