Sunday, February 10, 2008

Pameran Pusaka Nusantara


















Benda-benda pusaka mulai abad IX berupa keris dan tombak dipamerkan di Tunjungan Elektronik Centre pada 6 hingga 20 Februari 2008 nanti.

Ratusan pusaka dari berbagai kolektor di Indonesia, khususnya di Jawa Timur sendiri tertata rapi pada acara yang bertema Pameran Seni Budaya dan Benda Pusaka Nusantara. "Pusaka ini berhasil kami himpun dari sekitar 15 kolektor," ungkap Sukoyo Hadinagoro sebagai penanggung jawab pameran ini saat ditemui Acta Surya di sela-sela acara (6/2).

Mengenai tujuan diselenggarakannya pameran. Sukoyo mengatakan untuk wawasan pendidikan dan melestarikan kebudayaan identitas bangsa. "Orang Jepang saja bangga dengan samurainya, sedangkan kita mengapa tidak bangga dengan keris kita," imbuhnya.

Menurutnya keris bukan benda yang mistis. Keris terbuat dari campuran logam (baja, besi, nikel, titanium) dengan titik didih tertentu sehingga menghasilkan logam yang istimewa. Sehingga logam yang disebut dengan super karbon ini dapat menyerap energi dan daya.

Pada pameran kali ini tidak hanya menonjolkan benda-benda pusaka saja. Berbagai bentuk kegiatan pelestarian seni budaya nusantara ini juga menghadirkan festival tari-tarian tradisional, sketsa Affandi, pameran lukisan karya Makhmoed dkk, Mpu Pamor Jilat, pengobatan gratis mbah ompong, Festival makanan khas Jawa Timur, serta lomba mewarna dan menggambar yang diadakan pada 10 Februari 2008. (Naskah:Guntur IP/Foto:Akbar Insani)

No comments: