Saturday, June 09, 2007



Melaju dengan Si Mobil Mini

Pernah bermimpi menjadi seorang pembalap gokart? Bagi sebagian kaum Adam hobi yang dilakukan dengan sebuah mobil balap mini ini, terkadang menjadi obsesi agar terlihat gagah.

Mobil gokart sendiri merupakan buatan asli Australia dan Itali. Di Indonesia kali pertama muncul di kota Bandung sekitar tahun 1978, yang dipelopori oleh anak-anak Institut Tekhnologi Bandung (ITB), hingga sampai sekarang gokart terus berkembang dan menjadi gaya hidup atau bahkan sebagai hobi saat ini.

Memang tidak sedikit kocek yang kita keluarkan untuk memainkannya, apalagi memiliki mobil gokart itu sendiri. Karena untuk gokart baru kelas kadet (anak-anak usia 7-12 tahun) saja sekitar Rp 25 juta. sedangkan untuk kelas lainnya harga mobil gokart build up mencapai Rp 45 juta.

Gokart yang terbagi dalam empat kelas yang disesuaikan dari segi umur. Yaitu kelas kadet (anak-anak usia 7-12 tahun), kelas junior max remaja (usia 13-18 tahun), kelas senior max (usia 18-35 tahun), dan juga master max (usia di atas 35 tahun).

Hobi bermain gokart rupanya begitu melekat di kawula muda kota metropolis. Seperti halnya yang diungkapkan Linda (20), mahasiswi perguruan tinggi swasta di Surabaya. Ia mengaku kegemarannya bermain gokart berawal dari ajakan teman. “awalnya sich coba-coba, eh tahunya jadi ketagihan,” ungkapnya, saat ditemui Acta Surya di sirkuit gokart indoor Pakuwon Trade Centre (PTC) pada 17 Maret lalu.

Begitu pula yang dikatakan Albert (9), siswa sekolah dasar negeri di Surabaya ini. Ia pun tidak bosan untuk berjam-jam bermain gokart. “Saya suka bermain gokart karena ingin jadi pembalap,” ucapnya sambil tersipu malu.

Saat ini arena balap untuk mobil gokart sudah tersebar luas di kota metropolis. Salah satunya di Indoor Mangga Dua Wonokromo dan juga Outdoor di PTC.

Hanya dengan Rp 35 ribu selama 10 menit kita bisa menikmatinya 7-10 putaran, tetapi itu semua tergantung dengan pemainnya. Bahkan untuk mesin yang digunakan tidak lebih dari 100-270 cc, sementara maksimal kecepatan yang diperoleh pun hanya sekitar 35-40 km/jam.

Gokart tak sekedar hobi yang menyenangkan. Akan tetapi juga menantang dengan lintasannya yang penuh tikungan tajam. Jadi bagi anda yang merasa sehat dan berstamina, jangan ragu untuk injakkan kaki pada pedal gas mobil gokart. (Naskah: Kurnia F / Foto: Wahyu Agus Setiono)













No comments: