Tuesday, January 22, 2008

Pameran Foto Bahtera Nelayan

Angkatan baru Himpunan Mahasiswa Penggemar Fotografi (Himmarfi) Stikosa-AWS membuktikan kemampuannya. Terbukti dengan digelarnya pameran foto "Sisi Lain Kehidupan Nelayan" mulai 21 Januari hingga satu minggu kedepan di Pendopo Stikosa-AWS.

21 fotografer angkatan Bahtera itu memamerkan 42 karya foto. Foto-foto itu banyak menceritakan kehidupan nelayan. Misalkan karya Doni Maulana yang berjudul "To Be Alone" dan "Kompak. Sang fotografer menceritakan dalam situasi sendirian tidak ada satupun nelayan lain di sekelilingnya, ia tetap mencari ikan demi sesuap nasi untuk keluarganya.

Begitu juga pada karya Helmy Yuniar yang berjudul "Nyangkut". Karya foto itu bercerita tentang seorang nelayan mencoba membetulkan jaringnya yang didalamnya terdapat ikan hasil tangkapannya.

Mengenai pemilihan tema karena angkatan tersebut ingin memperlihatkan kepada masyarakat tentang kehidupan bahwa nelayan tidak semudah yang dibayangkan oleh orang lain. "Selama ini masyarakat hanya mengetahui pekerjaan nelayan sebatas mencari dan menjual ikan saja, dengan pameran foto ini diharapkan semua orang paham akan proses nelayan dalam mencari nafkah yang penuh pengorbanan,"kata Shulton Hadi Ketua Pelaksana pameran foto tersebut. (Andrian Saputri)

No comments: